PEMBUKAAN WISATA NORMAL BARU DI JOGJA

wisata-jogja-sambut-new-normal

Yogyakarta – Kantor Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap menerapkan tes era normal baru di sektor pariwisata. Ada 10 tujuan wisata yang menjadi proyek percontohan untuk mengimplementasikan normal baru.

Dari 10 tujuan wisata yang menjadi uji coba, mereka tersebar di tiga kabupaten DIY. Di Kabupaten Gunungkidul ada empat tujuan: Pantai Baron, Pantai Kukup, Gunung Purba Nglanggeran dan Gua Kalisuci. Di Kabupaten Bantul ada lima tujuan termasuk Puncak Becici, Hutan Pinus Pengger, Objek Wisata Seribu Batu, Hutan Pinus Sari, dan Pantai Parangtritis. Destinasi di Kabupaten Sleman adalah Tebing Breksi.

Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, sepuluh tujuan wisata telah disiapkan sejak lama. Persiapan tidak hanya standar operasi prosedur (SOP), tetapi juga simulasi dan bantuan dalam menerapkan SOP.

Menurutnya, 10 destinasi wisata dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung implementasi normal baru. “Kami juga melengkapi fasilitas, mulai dari infrastruktur cuci tangan, hingga tong sampah, hingga jenis APD lainnya, termasuk tenda sementara sehingga wisatawan dapat beristirahat jika kedapatan memiliki suhu tubuh di atas normal,” katanya. di situs resmi Hubungan Masyarakat Pemerintah Daerah Yogyakarta, Jogjaprov, Selasa, 23 Juni 2020.

Singgih mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pelatihan online untuk manajer sumber daya manusia (RR. Simulasi 10 tujuan wisata kemudian dilanjutkan dengan pembukaan percobaan terbatas. Pembatasan pengunjung telah ditetapkan pada 50 persen dari kapasitas normal.

Permintaan liburan Jogja

Dia mengatakan bahwa pengunjung harus membuat reservasi online. “Ini semua adalah bagian dari tahap pembukaan destinasi wisata DIY ke dalam tatanan kehidupan baru dengan pandemi Covid-19. Nantinya, uji coba ini juga akan dievaluasi,” katanya.

Singgih mengungkapkan, mengenai jam buka tujuan wisata, kewenangan ada di setiap kabupaten / kota. Suatu pertimbangan mungkin atau tidak dapat mengoperasikan suatu tujuan wisata tergantung pada ketersediaan dari masing-masing tujuan wisata.

Termasuk tenda sementara bagi wisatawan untuk beristirahat jika mereka diketahui memiliki suhu tubuh di atas normal.

Ini juga berkolaborasi dengan Kantor Komunikasi dan Informasi DIY (Diskominfo) yang menyediakan aplikasi untuk identitas wisatawan. “Lalu ada aplikasi Jogja Plesiran untuk layanan reservasi dan informasi wisata,” katanya.

Kepala Kantor Informasi dan Komunikasi DIY, Rony Primanto Hari, mengatakan sistem QR Code digital memudahkan grupnya untuk mencatat jumlah orang yang berkumpul di satu tempat. Nantinya dengan identitas digital ini, deteksi identitas pengunjung juga bisa dilakukan jika terjadi sesuatu.

Rony mengungkapkan bahwa semua warga yang mengunjungi Jogja diharapkan dapat mengunduh aplikasi QR Code untuk mendapatkan identitas digital. “Dengan kode QR ini, wisatawan dapat pergi ke mana saja di Yogyakarta. Ini juga berguna untuk mengelola tujuan wisata, karena mereka tahu berapa banyak pengunjung di sana, serta mengendalikan berapa banyak orang yang telah masuk,” katanya.

Berikut ini adalah daftar 10 tujuan perjalanan sebagai Proyek Percontohan Normal Baru DIY

Pantai Baron
Pantai Kukup
Gunung berapi Nglanggeran kuno
Gua Kalisuci
Pico Becici
Hutan Pinus Pengger
Ribuan batu
Hutan Pinus Sari
Pantai Parangtritis
Tebing Brecha.

Source: Tagar.id

normal baru, normal baru adalah, normal baru indonesia, normal baru covid, normal baru jateng, normal baru jogja, normal baru pdf, normal baru jakarta, normal baru di jawa tengah, normal baru sekolah, new normal yogyakarta, new normal, new normal adalah, new normal di yogyakarta, new normal semarang, new normal surakarta, new normal jakarta, new normal poster, new normal life, new normal starter pack, wisata yogyakarta, wisata yogyakarta terbaru 2020, wisata yogyakarta baru, wisata yogyakarta yang sudah buka, wisata yogyakarta yang sudah dibuka, wisata yogyakarta hits, wisata yogyakarta dekat malioboro